Dot gain

Dot gain adalah perbedaan antara nilai halftone pada film kasa dan cetakan. Hasil deviasi/penyimpangan baik dari variasi titik geometri dan dari efek pemasangan cahaya. Serupa dengan nilai halftone F, dot gain Z secara umum diekspresikan dalam persen.
Dot gain adalah perbedaan antara nilai halftone dalam cetakan FD dan ukuran nilai halftone dalam film FF.
Ketika dot gain berbeda dalam jarak/kisaran nilai halftone yang bervariasi, gambar pada dot gain seharusnya juga termasuk/meliputi nilai halftone dalam film. Contoh: ”15% dot gain dengan FF = 40%” atau lebih pendek, ”Z40 = 15%”.
Instrumen pengukuran yang lebih maju menampilkan dot gain secara langsung.
Catatan: Dot gain Z (%) mengindikasikan perbedaan antara nilai halftone pada film FF dan nilai halftone dalam cetakan FD pada gambar mutlak. Ia sehingga tidak berkaitan dengan nilai film!.


4.2.5. Karakteristik cetakan
Deviasi nilai halftone dalam cetakan FD terhadap nilai halftone FF dalam film dapat ditunjukkan dengan jelas untuk penggunaan langsung pada kerja/karya yang diulang-ulang dalam bentuk yang disebut dengan karakteristik cetakan.

Untuk menentukan karakteristik cetakan, skala tahapan kasa minimal tiga, atau bahkan lebih baik lima atau lebih tahapan kasa dan elemen tambahan keras/tajam yang dicetak. Densitometer digunakan untuk mengukur kekentalan tinta dalam tambahan yang keras dan dalam tahapan kasa, dan kemudian nilai halftone dihitung. Ketika nilai yang dihasilkan itu digambar terhadap diagram nilai film yang berhubungan



Penulis :
Antonius Bowo Wasono
Romlan
Sujinarto



  • READ MORE.......





  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    0 komentar:

    Post a Comment

     
     
     

    Total Pageviews