Kontras

Sebagai sebuah alternatif untuk dot gain maka ditentukan kekontrasan cetakan relatif K (%), khususnya untuk mengecek kasa pada sifat tiga perempat. Sebuah cetakan seharusnya mempunyai kekontrasan setinggi
mungkin. Ini artinya bahwa bahannya harus mempunyai kekentalan tinta yang tinggi, tetapi kasanya masih bebas cetakan (perbedaan nilai halftone optimal). Ketika pemberian tinta meningkat dan kekentalan dalam tinta hanya dapat dipraktikkan hingga pada batas tertentu. Di atas batas itu titik-titik cenderung terlihat bertambah dan, khususnya pada sifat tiga perempat, hingga fill in. Ini mengurangi/menurunkan bagian putih kertas, dan kekontrasan menurun lagi. 

Jika tidak ada alat pengukuran yang tersedia dengan tampilan kontras langsung, kekontrasan cetakan relatif dapat dihitung atau ditentukan pada basis FOGRA PMS. Jika nilai kekontrasan memburuk selama proses produksi meskipun nilai tinta konstan dalam bahan/zat DV, ini merupakan tanda bahwa lapisan tersebut butuh untuk dicuci. Jika kekentalan zat/bahan benar/tepat, nilai kekontrasan dapat digunakan untuk menaksir/menilai faktor-faktor yang bermacam-macam yang mempengaruhi hasil cetakan seperti:
- cetakan gulungan dan cetakan
- lapisan dan bantalan/dasaran
- pembasahan
- tinta cetak dan perekat
Ketika nilai kontras, tidak seperti dot gain,




tergantung pada perluasan dalam kekentalan zat/bahan ia tidak tepat sebagai sebuah variabel untuk standarisasi.


TEKNIK GRAFIKA DAN INDUSTRI GRAFIKA
JILID 1

Penulis : Antonius Bowo Wasono
Romlan
Sujinarto



  • READ MORE.......



  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    0 Response to "Kontras"

    Post a Comment