ALAT-ALAT GAMBAR DAN PENGGUNAANNYA

Untuk mendapatkan gambar teknik yang baik, tidak hanya menguasai teknik menggambar yang baik tetapi juga perlu didukung dengan alat-alat gambar yang tepat penggunaannya.
Berikut ini akan dijelaskan mengenai pemilihan dan penggunaan alat-alat gambar secara tepat:
a. Pensil gambar
Ada tiga golongan kekerasan pensil, yang masing-masing dibagi lagi dalam tingkat kekerasan. Golongan tersebut adalah keras (H), sedang (F) dan lunak (B). Golongan keras dari 9H sampai 4H, golongan sedang dari 3H sampai B dan golongan lunak dari 2B sampai dengan 7B. Sayang sekali derajat kekerasan pensil ini masih belum di standarkan sepenuhnya., karena itu dianjurkan untuk menggunakan satu merk pensil saja agar lebih tepat derajat kekerasannya.
Untuk menarik garis yang panjang dengan tebal yang sama (konstan) sebaiknya pensil dibuat pipih (baji) gambar 1.1.a, jadi jangan runcing / konis seperti gambar 1.1b. Untuk membuat pensil pipih dapat digunakan kertas ampelas.
Sekarang sudah banyak dipakai pensil yang diisi kembali (pensil mekanik). Isi dari pensil ini mempunyai tingkat kekerasan yang bermacam-macam demikianjuga dengan ukuran diameter isinya dapat disesuaikan dengan ukuran tebal garis, sehingga tidak perlu lagi penajaman. Ukuran-ukuran yang ada ialah 0,3, 0,5, 0,7 dan 0,9 mm dan kekerasannya dapat dipilih dari HB atau F, H, 2H dan 3H. Supaya hasil dari garis yang dibuat dengan pensil tersebut baik, maka pensil terhadap mistar hams mempunayi sudut 90 derajat, sedang kecondongan dari arah gerakannya bersudut antara 80 - 90 derajat. Perhatjkan gambar 1.2 .




  • READ MORE.......



  • DAFTAR PUSTAKA
    G.Takeshi Sato, N Sugiarto H, “Menggambar Mesin menurut Standar ISO” , Jakarta : PT. Pradnya Paramita, 1999.
    Moyn Marbun, “Menggambar Teknik Mesin” , Jakarta : M2S Bandung, 1993 .
    Ir. Paulus Andrianto, “Menggambar Teknik” , Surabaya, F.T.Kelautan ITS, 1999.
    Drs Sirod Hantoro, MSIE , Drs Pardjono, Msc, Phd, “Menggambar Mesin” , Yogyakarta : ADICITA KARYA NUSA, 2002.


    for STEP BY STEP GUIDE illustrator simple tutorial please visit.........

    www.illustratorsimpletutorial.blogspot.com

    0 komentar:

    Post a Comment

     
     
     

    Total Pageviews