Campuran warna

1. Campuran warna tambahan/yang ditambahkan
Campuran warna tambahan adalah sebuah pemaksaan yang hebat/luar biasa (superimposition) pada cahaya yang terdiri dari berbagai warna yang berbeda-beda. Jika semua warna spektrum ditambahkan bersama-sama, maka akan menghasilkan warna putih.
Merah, hijau dan biru adalah warna utama yang ditambahkan.
Sehingga ketiga warna itu disebut dengan warna sepertiga karena setiap warnanya menunjukkan satu pertiga dari spektrum yang dapat dilihat. Prinsip campuran warna tambahan dapat digambarkan dengan sangat jelas/bagus dengan tiga diascope, yang masing-masing menghasilkan sebuah titik cahaya dalam satu pertiga warna utama yang ditambahkan.
Green + Red = Yellow
Green + Blue = Cyan
Blue + Red = Magenta
Blue + Red + Green = White
No light = Black
Prinsip campuran warna tambahan ini digunakan dalam TV berwarna dan dalam teater/bioskop untuk menghasilkan semua warna spektrum yang dapat dilihat.

2. Campuran warna pengurangan/yang dikurangi
Untuk campuran warna yang dikurangi masing-masing komponen warna diambil dari cahaya terang/putih. Jika semua komponen warna dihilangkan, maka akan menghasilkan warna hitam.
Cyan, magenta dan kuning merupakan warna-warna utama yang dikurangi. Ketiga warna tersebut adalah warna dua sepertiga karena masing-masing menunjukkan dua pertiga spektrum yang dapat dilihat.
Warna-warna itu dapat dihasilkan dengan mengurangi warna utama tambahan dari cahaya terang (contohnya adalah dengan memakai sebuah filter/penyaring), atau dengan memaksakan cahaya dua warna utama tambahan.

TEKNIK
GRAFIKA DAN
INDUSTRI
GRAFIKA
JILID 1
Untuk SMK
Penulis :
Antonius Bowo Wasono
Romlan
Sujinarto


  • selengkapnya.......



  • for STEP BY STEP GUIDE illustrator simple tutorial please visit.........

    www.illustratorsimpletutorial.blogspot.com

    0 komentar:

    Post a Comment

     
     
     

    Total Pageviews