tampilan visual

Mengenai ilustrasi untuk dapat mewujudkan suatu tampilan visual, ada beberapa unsur visual yang diperlukan, antara lain :

Garis
Garis secara umum terdiri unsur-unsur titik yang mempunyai peran tersendiri. Adapun sifat garis secara umum yaitu garis lurus, garis lengkung, dan bersudut. Sebagai unsur visual, garis memiliki pengertian, yaitu :
(1) tanda atau markah yang memanjang yang membekas pada suatu permukaan dan mempunyai arah,
(2) batas suatu bidang atau permukaan, bentuk, atau warna
(3) sifat atau kualitas yang melekat pada objek lanjar/memanjang.

Pengertian pertama, garis merupakan garis grafis dan benarbenar nyata, bersifat konkrit. Misalkan garis yang terbentuk dari goresan kapur di papan tulis, tarikan pena di kertas, dan lain sebagainya. Garis grafis yang nyata dapat berpenampilan macam macam, tergantung dari alat yang digunakan dan permukaan yang menerimanya. Garis dapat berpenampilan halus dan rata, bergerigi, terputus-putus, berpangkal dan berujung tumpul atau runcing, dan sebagainya.

Pengertian kedua dan ketiga, garis lebih bersifat konsep, karena hanya dapat dirasakan keberadaannya. Misalnya garis yang dapat kita rasakan karena adanya pertemuan dua buah permukaan atau bidang warna, batas keliling suatu bentuk atau sifat memanjang pada kawat, benang, dan sebagainya.
Menurut Suradjijo (1985 : 53) garis dimulai dari titik ke titik, garis merupakan sebuah bekas yang dibuat oleh titik yang bergerak. Secara tidak langsung garis
merupakan pernyataan gerakan. Sidik (1981: 4) menyatakan bahwa garis adalah suatu goresan atau batas limit suatu benda, masa ruang, warna dan lain-lain. Garis hanya berdemensi memanjang serta mempunyai arah dan sifat-sifat : panjang, pendek, vertikal, horisontal, lurus, melengkung, berombak dan lain-lain. Garis dalam
pengertian umum adalah tanda yang berarti menunjukkan arah, gerak dan juga energi. Garis dapat disebut juga sebagai tanda yang dibuat dengan alat-alat tertentu dan ditarik memanjang. Garis yang dibuat dengan alat dan kesengajaan sehingga menimbulkan bekas tersebut, disebut garis nyata atau garis aktual. Garis yang
mengesankan arah, gerak, dan juga energi merupakan garis dalam pengalaman penghayat.




Antonius Bowo Wasono
Teknik Grafika dan Industri Grafika




  • READ MORE.......






  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    Gambar ilustrasi

    Gambar ilustrasi merupakan hasil pendeformasian bentuk faktual, yang karakteristiknya selalu mengundang rasa simpatik, menarik perhatian bahkan lucu. Maka kehadirannya merupakan cara yang efektif untuk berkomunikasi Gambar ilustrasi merupakan hasil pendeformasian bentuk faktual, yang karakteristiknya selalu dengan si pembaca maupun di peminatnya. Fungsi utama ilustrasi adalah sebagai daya tarik untuk membangkitkan perhatian dan merangsang minat audience agar membaca pesan yang
    disampaikan seluruhnya. Jadi penggunaan ilustrasi merupakan unsur vital sebagai sarana komunikasi yang efektif, karena mudak dipahami oleh semua golongan masyarakat dan tingkat usia.

    Mengingat keefektifannya maka ilustrasi diharapkan mampu menarik perhatian dan merangsang minat untuk membaca kesan yang disampaikan pada cerita/berita tersebut. Dengan kata lain kehadirannya diharapkan mampu menerangkan persaingan dalam
    menarik perhatian pembaca diantara rentetan pesan lainnya dalam suatu media yang sama.

    Ilustrasi yang dibuat oleh seorang ilustrator dapat diuraikan sebagai berikut :

    1. Ilustrasi garis
    Ilustrasi ini dapat ditandai dengan melihat adanya goresangoresan berupa garis seperti misalnya yang dibuat mempergunakan pena (garis lurus, garis lengkung, garis patah, garis getar, dan sebagainya). Untuk memproduksinya pada barang cetak, digunakan klise garis dengan pemotretan tanpa raster di bagian reproduksi foto. Ilustrasi ini bisa kita jumpai pada buku-buku cerita bergambar, novel, surat kabar, dan sebagainya.







  • READ MORE.......





  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    Quick Start Secrets To Printing Better Halftones

    Quick Start Rahasia Untuk Mencetak Halftones lebih baik

    Halftone printing adalah semua tentang titik-titik. Seluruh konsep mencetak berbagai nada oleh mengelabui mata adalah sangat definisi suatu halftone. Nada kita ditentukan oleh akurasi dari titik-titik yang kami cetak. Big titik berarti nada gelap. berarti titik kecil cahaya nada. Dimana printer mendapatkan diri dalam kesulitan adalah mereka melupakan kenyataan sederhana bahwa dalam untuk mencetak nada akurat atau nilai-nilai, kita harus akurat mencetak titik ukuran yang tepat. Berikut ini adalah kumpulan rapi, teknik cepat yang pasti akan membantu Anda untuk cetak bekerja lebih baik, lebih cepat, mudah, dan lebih menguntungkan. Ini bukan memperbaiki semua, menyembuhkan semua program, melainkan awal dari suatu perjalanan di mana

    Anda akhirnya akan mampu mencetak setiap pekerjaan, pertama kali, dengan hasil yang bagus dan kerumitan minimal. Hanya latihan yang disengaja dan pengalaman akan membuat Anda di sana. Tujuannya di sini adalah untuk berkonsentrasi pada, metode mudah dan cepat yang akan pergi jauh ke arah membuat pekerjaan Anda
    tampak hebat dengan paling sedikit usaha. Bagaimana kita Lihat Nada dan Warna Ini membantu banyak untuk memvisualisasikan apa yang ingin Anda capai. Visi kami alami melihat warna nada. Kita melihat cahaya pink, merah merah bersemangat, dan mendalam, kaya mahoganies.




    Dengan mencetak merah tua dengan berbagai ukuran titik-titik, kita dapat mencapai semua warna hanya dengan satu tinta warna. Ini adalah sama untuk semua warna kita cetak dan menggabungkan. Saya f kita
    tidak akurat dalam pencetakan ukuran yang tepat titik, warna akan salah.
    Pendekatan saya adalah untuk memulai pada awal proses dan bekerja melalui sampai akhir. Setiap langkah di sepanjang jalan memiliki dampak, dan Anda tidak dapat dengan mudah membangun sebuah langkah yang
    dilakukan buruk.

    Proses ini berurutan. Setiap langkah progresif didasarkan pada benar dipersiapkan langkah sebelumnya. Cara lain untuk mengatakan ini adalah, jika Anda sekrup-up pada awalnya, dapat hanya menjadi lebih buruk dari sana. Bahkan sebelum Anda memulai proses pemisahan, tanyakan pada diri sendiri seberapa akurat Anda butuhkan menjadi. Jika warna menyenangkan cukup baik, Anda dapat dengan mudah bisa sangat sukses.
    warna Menyenangkan adalah tempat terbaik untuk memulai. Ini berarti bahwa warna hanya perlu melihat
    dipercaya, tidak harus sesuai. Jika Anda perlu memiliki pertandingan yang sempurna dari 10 logo perusahaan yang berbeda, Anda cukup banyak melawan itu. Ini disebut warna memori atau referensi. Semakin dekat ke
    cocok anda, lebih berhati-hati Anda harus. Saran saya adalah untuk menghindari semacam ini kerja di awal.
    Agood aturan praktis adalah bertanya pada diri sendiri jika gambar terlihat sulit untuk mencetak. Jika tidak, itu akan menjadi. Dengan keluar dari jalan, di sini adalah saya Top Ten Quick Start Rahasia untuk Lebih Baik
    Halftone Printing. Saya tidak dapat menutupi segala sesuatu di detail saya ingin di sini. Ini akan mendapatkan
    Anda bergulir, dengan hasil yang sangat baik.



    translate google fr:

    By Mark A. Coudray
    Member Academy of Screen Printing Technology







  • READ MORE.......


  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    Gambar Vektor

    Gambar vektor dibuat melalui garis, kurva dan bidang secara
    individual yang didefinisikan secara matematik. Setiap garis, kurva dan
    bidang memiliki atribut berupa stroke, fill dan color yang dapat diubah.
    Mengubah atribut tidak merusak atau mengurangi kualitas gambar
    vektor, demikian juga memodifikasi bentuk dengan tool yang ada pada
    aplikasi vektor, seperti skala dan rotasi. Gambar vektor tidak bergantung
    pada resolusi (resolution independent). Itu sebabnya, Untuk itu
    pembesaran dan pengecilan pada gambar vektor alam ukuran tak
    terbatas tidak mempengaruhi dan tidak menyebabkan gambar menjadi
    kabur atau out of focus.
    Kondisi gambar akan tetap tajam baik di layar monitor maupun
    kondisi gambar setelah dicetak. Keuntungan lain dari gambar vektor
    adalah tidak memiliki warna background saat diimpor dengan aplikasi
    lain. Terlihat pada gambar bintang di samping. Bintang memiliki bidang
    persegi berwarna putih (background) yang mengelilingi gambar bintang,
    sedangkan pada gambar vektor tidak. Dengan segudang
    keuntungannya, gambar vektor memiliki kelemahan dalam
    merepresentasikan gambar secara realistik seperti yang terdapat pada
    foto. Detail yang dihasilkan masih kalah jauh dibandingkan dengan
    gambar bitmap.
    Gambar vektor akan terlihat bagus jika diperuntukkan untuk warnawarni
    solid atau gradasi bukan contonous tone seperti foto.untuk itu
    kebanyakan vektor image digunakan untuk membuat gambar-gambar
    kartun yang memiliki nuansa flat atau warna-warna solid. Sekarang
    setiap aplikasi yang berbasis vektor telah memiliki kemampuan untuk
    mengolah gambar bitmap seperti layaknya aplikasi berbasis bitmap
    dengan memanfaatkan berbagai texture filter, transparancy dan
    sebagainya seperti pada aplikasi vektor. Aplikasi vektor juga memiliki
    kemampuan mengubah gambar vektor menjadi gambar bitmap tanpa
    menggunakan aplikasi konversi, seperti yang dilakukan oleh aplikasi
    vektor sendiri dengan tracing tool dan beberapa aplikasi lainnya.
    Aplikasi lain untuk konversi data, diantaranya Adobe Streamline
    (Win/Mac),ImpressionX (Windows), AlgoLab Photo Vektor (Win), ArtLine
    (Mac), AutoTrace (Win/BeOS/*nix), Integraph, LogoSpruce (Win/Mac),
    dan RasterVect Software (Win).
    Proses mengubah gambar vektor menjadi bitmap disebut dengan
    rasterizing tanpa mengurangi kualitas gambar saat pembesaran maupun
    pengecilan. Ada baiknya sebelum mengubah mengkonversi gambar
    tersebut, simpanlah gambar vektor terlebih dahulu di lain waktu.
    Konversi ini biasanya diperuntukkan untuk keperluan web design seperti
    yang dilakukan oleh aplikasi flash. Format yang digunakan untuk
    menyimpan gambar vektor, seperti ai (Adobe Illustrator), CDR (Corel
    Draw), CMX (Corel Exchange), CGM computer Graphics Metafile, DRW
    (Micrografix Draw), DXF AutoCAD, dan WMF Windows Metafile. Yang
    termasuk dalam aplikasi vektor diantaranya Adobe Illustrator, Freehand,
    CorelDRAW, Xara, serif DrawPlus, dan Harvard Draw.

    Antonius Bowo Wasono
    Romlan
    Sujinarto






  • READ MORE.......



  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

    Densitometry

    Densitometry adalah metode pengukuran dalam bidang cetakan yang
    paling murah harganya dan tersedia dimana-mana. Densitometer digunakan
    sebagai instrumen yang dipegang dengan tangan atau dalam bentuk alat
    pengukuran otomatis (scanning densitometer).
    Terdapat dua macam densitometer, yang digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda:
    - Transmission densitometer (memancarkan) digunakan untuk mengukur kehitaman film (substrata transparan).
    - Reflection densitometer (memantulkan) digunakan untuk mengukur gambar yang dicetak (substrata buram/tak tembus cahaya)
    Berikut ini, prinsip-prinsip kerja pada reflection densitometer akan dijelaskan dengan lebih detail.



  • READ MORE.......


  • for more details and updates about graphics design please visit.........
    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

     
     
     

    Total Pageviews