Daftar Istilah / Glossary GRAFIKA

Back up : Mencetak sisi kedua di lembaran setelah sisi pertama telah dicetak.
Baseline : Garis khayal dimana huruf yang telah dicetak didudukkan.
Binding : Bermacam-macam cara untuk mengamankan bagian yang dilipat menjadi satu dan atau mengikatnya ke sebuah sampul, untuk dijadikan satu buah buku.
Bit : Digit biner, satuan terkecil yang membawa informasi elektronik.
Bitmapped image : gambar yang terdiri dari titik-titik pada sebuah jaringan.
Blanket : bantalan berlapis karet, ditempelkan pada sebuah silinder dari mesin pencetak offset, yang menerima gambar bertinta dari plat lalu memindahkannya ke permukaan untuk dicetak.
Bleed : gambar yang tercetak melewati batas potong kertas, sehingga ketika sedang dipotong, gambarnya diperpanjang sampai ke tepi halaman.
Blueline : Bukti dari film, sebelum plat pencetak dibuat. Ditunjukkan salinannya,
temasuk foto, karena itu akan muncul di bagian yang dicetak; memperlihatkan kerusakan
warna.
Boldface : Huruf cetak yang lebih tebal dan lebih gelap dari huruf cetak yang biasa.
Bullet : Titik-titik solid yang digunakan untuk menekankan daftar kata-kata atau istilah.
Byte : Bilangan bit berurutan yang komputer urus sebagai satuan; istilah yang diciptakan



  • READ MORE.......



  • for STEP BY STEP GUIDE photoshop simple tutorial please visit.........

    www.photoshopsimpletutorial.blogspot.com

    Perangkat Lunak (software)

    Install software disesuaikan tujuan pemakaian. 
    Untuk proses mendesain dapat dipertimbangkan, antara lain : Pagemaker, Ilustrator, Photoshop, Quark X-press, Corel Draw, Free Hand, atau software yang lainnya yang mendukung proses mendesain. Perlu diperhatikan, semakin banyak kita memasukkan software di komputer kita, akan membebani memori harddisk kita. Aplikasi-aplikasi dalam sistem desktop publishing dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya :
    1. Aplikasi Pengolah Kata Aplikasi ini biasanya untuk mengolah kata, baik grammar dan  spelling-nya. Aplikasi ini dikhususkan untuk mengolah format teks atau membuat tagging. Aplikasi ini mampu melakukan penataan halaman, walaupun dalam konteks sederhana seperti yang
    dilakukan oleh Microsoft Word. Aplikasi ini banyak digunakan oleh
    kalangan akademis/ mahasiswa/pelajar untuk membuat jurnal
    ilmiah, skripsi, karya ilmiah, atau tugas-tugas lainnya yang
    mengedepankan fungsi sebagai pengolah kata.Yang termasuk
    aplikasi ini, misalnya Microsoft Word, Wordstar,dan Corel
    WordPerfect.
    2. Aplikasi Pengolah Gambar/ Foto
    Aplikasi ini untuk mengolah foto atau gambar bitmap dan gambar
    realistis lainnya. Photoshop merupakan salah satu aplikasi yang
    cukup familier di kalangan desainer grafis untuk ngolah foto,
    memanipulasi foto, retouching image, dan color correction. Selain
    Photoshop ada pengolah foto yang lain, seperti Fractal Design
    Painter, dan Corel Photo Paint.
    3. Aplikasi Pengolah Ilustrasi
    Aplikasi ini berfungsi untuk mengolah gambar dalam bentuk vektor,
    seperti ilustrasi dan logo. Gambar yang dihasilkan oleh aplikasi
    jenis ini adalah gambar vektor. Dalam perkembangannya, aplikasi
    ini juga mampu mengolah gambar bitmap. Aplikasi pengolah
    ilustrasi yang banyak digunakan oleh para desainer grafis, seperti
    Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, dan Beneba
    Canvas.
    4. Aplikasi Pengolah Layout
    Aplikasi ini untuk mengatur halaman. Aplikasi pengolah kata yang
    sering digunakan Adobe Pagemaker, QuarkXpress, dll. Sedangkan
    pengolah layout yang digunakan untuk mempermudah imposisi
    halaman buku, majalah, dll., yaitu: QuarkXtension, DK&A
    Imposition, Impose (Barco), Signastation (Heidelberg), dan lain-lain
    Dengan dukungan dari perangkat-perangkat yang menunjang
    seorang pewajah (desainer grafis) tidak dipusingkan oleh
    rendahnya kinerja komputer.




  • READ MORE.......



  • for STEP BY STEP GUIDE illustrator simple tutorial please visit.........

    www.illustratorsimpletutorial.blogspot.com

    Konsep design

    Seorang designer yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas tentang proses pracetak, cetak dan finishingakan dapat mengoptimalkan hasil kerja dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.
    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang designer saat mempersiapkan konsep design, antara lain:
    Kumpulkan informasi dari pihak percetakan:
    - konsultasikan jenis kertas dan ukuran cetak serta jumlah warna yang digunakan apakah spot color/proses/duotone, atau lainnya.
    - Efek varnish yang diinginkan dan kaitannya dengan pemilihan kertas.
    Dapatkan informasi dari reprohouse 
    - platform dan software yang dimiliki (PC/MAC)
    - file format apa saja yang direkomendasi
    - fasilitas dan peralatan apa saja yang dimiliki. Sehingga dapat
    mengoptimalisasikan pekerjaan yang diperlukan, misalnya memiliki software
    imposisi dan dapat menerima file PDF
    siapkan dokumen file yang sesuai dengan kriteria atau informasi dari repro atau percetakan.
    10 hal yang harus diperhatikan designer dalam mempersiapkan file final artwork (FA)
    untuk pracetak :
    - tentukan ukuran cetak (page set up) secara benar dan tambahkan bleed melebihi
    ukuran yang sebenarnya (+/- 3mm)
    - gunakan font yang benar. Usahakan beri 2 design untuk font yang belum di
    convert (agar nudah proses esit ketika terjadi kesalahan). Berikan juga font yang
    sudah diconvert.
    - Lampirkan semua font yang digunakan dalam design.
    - Perhatikan resolusi gambar, jika ada gambar bitmap. Resolusi gambar = 2 x
    screen ruling.
    - Lampirkan semua import file image/gambar yang dibut dari freehand/illustrator,
    photoshop dll agar link tidak terputus
    - Pastikan semua gambar harus dalam format CMYK, tidak dalam bentuk RGB
    - Tentukan dan definisikan spot color dan proses color dengan benar, karena setiap
    software mendefinisikan berbeda
    - Buatlah proof dari printer, baik hitam putih (B/W) maupun berwarna (full color),
    untuk memastikan posisi semua elemen lengkap
    - Buang semua halaman kosong dan elemen yang tidak dipakai
    - Komunikasikan pekerjaan design yang akan diproses dengan repro/percetakan
    seperti jenis kertas, tinta, teknik cetak, jilid, varnish saat mau menyerahkan file.



  • READ MORE.......



  • for STEP BY STEP GUIDE illustrator simple tutorial please visit.........

    www.illustratorsimpletutorial.blogspot.com

    SET UP Mesin Film M/C KATANA

    Hidupkan Komputer.
    Buka shortcut HQ-510PC
    Klik menu colour > separation manager

    menu colour
    Klik new, ketik style name.
    Colour space : monochrome
    Output format : monochrome
    Klik create

    Klik kotak dialog Edit style
    Override frequency in job tidak boleh di centang (agar raster variasi)
    Generate extra grey level harus di centang (agar hasil lebih smooth)
    Use Harlequin precision screaning harus di centang (agar hasil lebih smooth)
    Klik HPS Option

    Klik kotak dialog Harlequin Precision Screening Option
    Angle accuracy : default
    Frequency accuracy : default
    Zero degrees ferq. Adj. : 1.00
    Max. freq dev : 1.00
    Klik OK

    Klik separations manager
    Klik style name yang baru dibuat, klik OK



  • READ MORE.......



  • for STEP BY STEP GUIDE photoshop simple tutorial please visit.........

    www.photoshopsimpletutorial.blogspot.com

    Komputer dan perangkat pendukungnya

    Komputer merupakan alat yang sangat vital untuk dapat menghasilkan desain yang berkualitas serta dapat memperlancar proses pembuatan desain itu sendiri. Desainer grafis yang profesional akan tidak bisa berbuat apa-apa jika komputer yang dipakai mempunyai kemampuan yang rendah dengan kualitas hardware yang jelek.
    Kemampuan komputer yang memadai dengan spesifikasi yang mendukung keterlaksanaan proses desain akan sangat membantu seorang desainer grafis mengekploitasi kemampuannya menuangkan ide-ide kreatifnya.
    Untuk mengetahui apakah komputer yang dipakai mempunyai spesifikasi yang baik dan memadai untuk  proses desain, ada baiknya kita mengetahui bagian-bagian yang ada di komputer. Komputer terbagi dalam 2 (dua) bagian besar yaitu : hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang terlihat oleh indera penglihatan dan peraba, yaitu berupa CPU, monitor, keyboard, mouse, serta perangkat pendukung lainnya misalnya : stabiliser, UPS, scanner, kamera digital, dan sebagainya. Sedangkan software adalah perangkat lunak atau program yang memungkinkan komputer menjalankan fungsinya sebagai sebuah sistem dengan arsitektur terbuka yang memungkinan antara alat satu dan yang lainnya bekerja terintegrasi sesuai tujuan dibuatnya komputer tersebut. Setiap perangkat keras biasanya dilengkapi dengan driver, yang berisikan software yang dapat saling mendeteksi menjadi suatu sistem. Peng-install-an software aplikasi biasanya disesuaikan tujuan digunakannya komputer tersebut.

  • READ MORE.......


  • TEKNIK GRAFIKA DAN INDUSTRI GRAFIKA
    Penulis :
    Antonius Bowo Wasono
    Romlan
    Sujinarto

    for more details and updates about graphics design please visit.........

    www.graphicsdesignsimple.blogspot.com

     
     
     

    Total Pageviews