Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip-prinsip Desain Grafis - Keseimbangan

Dalam bekerja desainer grafis harus mempertimbangkan berbagai prinsip demi mencapai hasil akhir yang baik. Prinsip-prinsip desain yang akan dijelaskan di bawah ini bukanlah sebuah nilai mati bahwa desain yang paling baik adalah seperti apa yang dikandung dalam prinsip tersebut. Tetapi sekadar anjuran beginilah seharusnya desain yang. Karena sesungguhnya tidak ada penilaian bagus atau jelek atas sebuah desain. Semuanya itu tergantung selera desainer grafis, klien dan khalayak yang menjadi sasaran pesan. Hal ini ditegaskan pakar desain grafis, Danton Sihombing dalam majalah Cakram: penilaian karya desain grafis sesungguhnya adalah menguji tingkat kelayakannya, dalam arti tidak ada karya desain grafis yang benar ataupun yang salah. Gray area ini dinilai efektivitasnya dalam memberikan solusi terhadap masalah desain yang dihadapinya.
Kesederhanaan Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebgaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental dan njilimet, seperti huruf blackletteryang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja. Perhatikan gambar di bawah ini sebuah body text menggunakan huruf yang tergolong huruf hias.

Keseimbangan

Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal. Keseimbangan formal memberikan kesan sempurna, resmi, kokoh, yakin dan bergengsi.
Keseimbangan formal juga menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain. Semisal wana logo. Dalam desain kartu nama desain dibuat dengan full color (F/C). Tetapi dengan pertimbangan agar desain lebih variatif dan tidak membosankan, maka pada media desain yang berbeda Anda membuat logo tersebut dengan warna duotone. Nah, pada kondisi ini, gagasan variasi desain sebaiknya tidak diperlukan. Apa jadinya kalau logo tersebut adalah logo sebuah produk barang. Konsistensi juga sangat diperlukan sebagai kesan identitas yang melekat pada sebuah merek produk. Kita tidak mau konsumen sampai lupa pada produk yang dijual.
Sedangkan keseimbangan informal bermanfaat menghasilkan kesan visual yang dinamis, bebas, lepas, pop, meninggalkan sikap kaku, dan posmodernis.



Panduan Mengenal Desain Grafis - Vinsensius Sitepu
www.escaeva.com 27

Posting Komentar untuk "Prinsip-prinsip Desain Grafis - Keseimbangan"

3d apartemen 3d kantor 3d. 3dmax 3ds 6 x 13 aesthetic agen air minum almari anak perempuan apartemen apartment arsitek profesional asrama axonometri backdrop bangunan bedroom billiard british cabinet cafe cafe taman cantik carport cepat chinese classic counter dapur dapur kotor depo desain desain air mancur desain fasad desain online desain pabrik desain perumahan desain rumah desain taman design design 3ds design apartemen design entrance design foodcourt design gudang design interior design kamar design lounge design perspective design renovasi detail di rumah dining room ekslusif fashion shop frame alumunium furniture gambar garasi gaul gerai harga bersahabat harga design murah harga grosir harga murah hotel indoor industrial interior interior apartment interior BPJS interior cafe interior kantor interior livingroom interior rumah interior toko isi ulang jalan jasa 3d jasa desain jasa desainer jasa design jasa design 3d jasa designer jasa gambar jasa interior jasa kitchen set kaca sliding kamar tidur kantor kantor modern kantor pelayan kantor pos kerja kios kitchen set klasik kompleks konsep kontrakan kos kosan kulkas lantai 1 lemari livingroo lobby kantor map gudang master bedroom masyarakat meja menarik menarik mudah pengerjaan menyenangkan mewah mewah harga murah minimalis. mobil modern motor multifungsi murah murah berkualitas nyaman office storage online paket lengkap paket murah pantry parking area pedesterian pesan desain pesantren photorealistik plafond pondok rak sepatu rendering rendering mewah renovasi restaurant resto restoran ruang belajar ruang direktur ruang keluarga ruang kerja ruang manager ruang meeting ruko hook rumah rumah kost rumah sakit rumah sudut segala konsep semi outdoor showroom mobil solusi desain stainless studio style taman kota tampak tampak 3d tanpa dp tanpa uang muka. toko kelontong trotoar type studio via online warung sembako wisata asri